Selasa, 03 Mei 2011

7 Cara Buang Sifat Boros

1. Buatlah sebuah analisa.
Cari tahu situasi dan kondisi apa saja yang membuat kamu boros. Dimana kamu menghamburkan uangmu, kapan kamu pake uang buat sesuatu yang nggak kamu butuhkan, untuk apa kamu pake uangmu. Pokoknya analisa itu harus memenuhi unsur 5w + 1h (where, why, what, when, who, how). Buatlah analisa seperti itu dan temukan jawabannya. Setelah ituberusahalah untuk menghindarinya secara perlahan dan bertahap. Nggak perlu sekaligus.

2. Buatlah skala prioritas.
Buatlah skala prioritas soal kebutuanmu, mana kebutuhan yang bener-bener penting dan mana yang bisa ditangguhkan. Utamakan dulu untuk memenuhi kebutuhan yang bener-bener penting. Yang ada di daftar teratas peringkat kebutuhan.

3. Membedakan keinginan dan kebutuhan.
Seperti yang suda dikatakan sebelumnya, keinginan itu beda dengan kebutuhan. Kebutuhan bisa diatur, tapi keinginan selalu meminta lebih. Bahkan melebihi kemampuan kita. Kamu bisa aja punya keinginan buat beli aksesoris setoko. Tapi apa kamu butuh itu ? Janganjangan kamu cuma butuh satu atau dua aksesoris aja. Ketertaikanmu sama suatu barang bisa membuatmu sangat tertarik untuk memilikinya, meski kamu nggak butuh itu. Belilah dn keluarkan uang sesuai dengan kebutuhanmu.

4. Bercita-cita membeli sesuatu dan mulai menabung.
Cita-cita memacu motivasi. Punya cita-cita beli barang yang hargayadi atas kemampuan kamu sehari-hari bisa jadi sarana untuk belajar menghilangkn sifat boros. Tiap kali kamu punya uang dan ingin menghamburkannya, kamu harus inget bahwa kamu memiliki cita-cita yang harus kamu wujudkan. Daripada menghamburkan uang tersebut untuk hal yang nggak penting, lebih baik ditabung aja. Kalo udah terbiasa seperti ini, maka secara tidak sadar kamu udah berubah jadi pribadi yang hemat.

5. Disiplinkan diri saat belanja.
Kesalahan utama oang suka boros adalah selalu bawa uang lebih saat keluar atau belanja. Akibatnya, sering kali ia tergoda untuk beli sesuatu yang sebenarnya nggak dibutuhkan sama sekali. Nanti pas dirumah, baru deh nyesel ngapain beli barang itu. Padahal ada kebutuan lain yang lebih penting yang harus dibeli. Dan, jangan melihat barang karena potongan harga. Banyak orang membeli barang 'coz sedang ada potongan harga/ diskon, padahal ia nggak butuh. Itu yang namanya boros.

6. Cari barang baru daripada yang baru.
Pinjam hal-hal (dari perpustakaan atau teman) yang nggak perlu kamu miliki sendiri. Cari barang-barang bekas yang masih bisa dipakai dari toko "barang bekas" di kotamu.

7. Rawat barang-barangmu.
Rawat segala sesuatu yang udah kamu beli. Kamu pasti nggak mau kan beli barang yang sama dua kali ?

sumber : spirit girl

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar